Contoh Kasus Ketidakpuasan Kerja

Aksi Karyawan Telkomsel Usung 3 Tuntutan

Restika Ayu Prasasty- detikNewsKamis, 10/11/2011

Jakarta

Ratusan karyawan Telkomsel yang berunjuk rasa di Jalan Gatot Subroto, Jakarta,mengusung 3 tuntutan utama yang harus dipenuhi oleh pihak perusahaan tempat mereka bekerja.Intinya, mereka kecewa karena pihak perusahaan tidak menepati perjanjian bersama soalkesejahteraan karyawan.”Satu, agar penerapan good governance secara murni dan konsisten. Kedua, menempatkan aspirasikaryawan sebagai bagian dari penentu kebijakan strategis perusahaan. Ketiga, pengelolaanTelkomsel dilakukan secara profesional independen dan memperhatikan nilai-nilai integritas danmoralitas,” ujar Ketua Umum Serikat Pekerja Telkomsel seluruh Indonesia, Achsinanto Risantosa.Tiga tuntutan tersebut disampaikan dia kepada wartawan di depan kantor Telkomsel Indonesia,Graha Citra Caraka, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2011).

Achsinanto menuturkan, pihak perusahaan telah mengingkari Perjanjian Kerja Bersama (PKB)yang dicetuskan 5 tahun lalu. Hingga saat ini, tidak ada bukti nyata dari komitmen perusahaanuntuk memberikan kesejahteraan karyawannya.”Kami berharap adanya perbaikan dari berbagai aspek, khususnya kesejahteran karyawan. Kamiingin agar perjanjian yang dilakukan antara karyawan dan perusahaan dilaksanakan dengan baik,”terangnya.Dikatakan Achsinanto, unjuk rasa ini sebenarnya dilakukan oleh sekitar 1.500 karyawan Telkomseldi seluruh Indonesia. Namun yang bisa ikut dalam demo di Jakarta hanya karyawan dari wilayahJawa saja.Dalam aksinya, para pendemo meneriakkan sejumlah tuntutan mereka. “Kami minta agar karyawan dijadikan aset, bukan budak. Kami sudah 16 tahun jadi karwayan Telkosmel, dari Telkomsel nothing  menjadi

 something 

. Kami menyumbang 70 persen pendapatan Telkomsel,”teriak salah satu orator.”Kami tidak akan selesai demo sampai Komisaris Telkomsel bersedia datang menemui kami,”imbuh orator lainnya.Tidak hanya itu, para karyawan Telkomsel yang berseragam merah ini juga membawa papan- papan yang bertuliskan tuntutan mereka. Salah satu papan tersebut bertuliskan “Jangan PolitisasiTelkomsel!”.

Selain itu, mereka juga mengenakan ikat kepala merah yang bertuliskan “JalankanPKB!” dan “Jadikan Karyawan Sebagai Aset Perusahaan!”Tidak ketinggalan sebuah spanduk merah bertuliskan “Selamatkan Telkomsel” dibentangkan oleh para karyawan yang mengaku terus bertahan hingga ada pihak komisaris perusahaan yangmenemui mereka.Hingga pukul 11.45 WIB, aksi unjuk rasa ini masih berlangsung.

Para pendemo bertahan di depangerbang Gedung Telkomsel yang dijaga oleh kawat duri dan puluhan polisi.Aksi ini memakan 2 lajur jalan Jl Gatot Subroto. Akibatnya, jalur bus TransJakarta pun terpaksadigunakan oleh kendaraan umum, karena hanya 1 lajur jalan umum yang tersisa. Macet pun tak terhindarkan.

Tanggapan saya:

Demo yang dilakukan para pekerja Telkomsel justru merugikan pihak telkomsel, ini merupakan tindakan yang tidak berpendidikan, penuh dengan emosional hanya mementingkan kepentingan mereka semata tanpa memikirkan apa solusi yang tepat untuk kemajuan Telomsel ini.

Analisis: Menurut saya kasus seperti ini dilihat dari teori mengendalikan fungsi manajemen yaitu Controlling atau pengawasan. Definisi controlling sendiri yaitu sebagai proses dari mengamati, membandingkan dan mengkoreksi?memperbaiki kinerja pekerjaan. Semua manajer seharusnya ikut terlibat didalam melaksanakan fungsi manajemen ini meskipun divisi/bagiannya telah menghasilkan kinerja yang sesuai dengan rencana/harapan. Para manajer tidak akan pernah tau apakah divisi/bagian mereka telah menghasilkan kinerja yang seharusnya sampai mereka melakukan evaluasi terhadap pekerjaan-pekerjaan yang telah diselesaikan dan membandingkan antara kinerjanya dengan standar yang diinginkan. Sistem controlling yang efektif akan memastikan bahwa pekerjaan-pekerjaan terselesaikan dengan baik yang akan mengarah pada tercapainya tujuan organissi.

Jadi seharusnya Manajer Telkomsel harus selalu mengawasi kinerja karyawan-karyawannya , dan lakukan evaluasi septiap bulannya, agar tercapai nya tujuan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s