Hambatan Psikologi dalam Interpersonal Online Relation

Hubungan Interpersonal adalah dimana ketika kita berkomunikasi kita bukan sekedar menyampaikan isi dan pesan saja, tetapi juga menentukan kadar hubungan interpersonalnya.dan begitu juga saat berkomunikasi kita tidak hanya menetukan content melainkan juga menentukan relationship.

Seiring berkembangnya ketertarikan interpersonal dalam internet munculah suatu relationship atau hubungan  seperti pertemanan , murid dan guru, kelompok/ komunitas, hubungan kerja , bahkan hubungan kekasih. Namun hal ini tidaklah sepenuhnya berjalan dengan lancar, ada beberapa Kendal atau kejadian dimana hubungan hubungan tersebut bisa hancur oleh beberapa hal diantaranya

1.Identitas palsu-> di dalam dunia internet seorang Netter (pengguna internet) dapat menggunaka identitas palsu  seperti yang dilakukan seseorang pada akun facebooknya seperti contoh  seseorang yang telah menikah dia memasang status single pada akun facebooknya untuk mencari perhatian pada orang lain dan ia mempunyai niat lain untuk melakukan sesuatu.

2. Kurang terjaminya komitmen-> di dalam setiap hubungan perlu adanya komitmen dimana kedua belah pihak memiliki suatu persetujuan yang bersifat mengikat , seperti halnya yang terjadi pada kegiatan jual beli onlinesering terjadinya penipuan diamana korban sudah menyetor uang yang seharusnya ia sudah dapat barang yang ia inginkan tetapi barang tersebut tidak dikirim dan kemudian penjualnya tersebut menghilang atau tidak online lagi.Gambar

Banyak kebohongan yang terdapat dalam penggunaan media terlebih media virtual karena tidak dapat melihat gerak gerik amupun gestureyang diungkapkan dalam non verbal dalam lawan bicara dan pesan yang disampaikan tidak dapat sepenuhnya dipertanggung jawabkan karena tidak adanya bukti yang otentik. Kurang terjaminya komitmen yaitu sering terjadiinya ingkar jajnji di dalam suatu hubungan perjanjian di internet. Adanya identitas palsu seperti yang  kita lihat sekarang banyak sekali orang yang memalsukan identitasnya untuk melakukan kejahatan.

 

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/computer_supported_coorperative_work

kelompok 2

untuk lebih jelasnya kita lihat penjelasan dari teman kita:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s