Psikologi Ketertarikan Interpersonal dalam Internet

Sejak di mulainya era modern dengan berkembangnya international networking atau yang di singkat sebagai internet manusia bisa lebih mudah dalam berhubungan dengan manusia lain.  Seperti yang dikatakan Horney “setiap orang adalah seorang pesaing yang nyata atau pesaing  kompetisi  antarindividual”  (Horney , 1937), sejak kemunculan internet banyak orang yang saling berinteraksi satu sama lain. Setiap interaksi yang di lakukan antar personal yang terjadi akan menimbulkan berbagai reaksi yang berbeda. Bentuk reaksi yang di tunjukan tergantung interaksi seperti apa yang di lakukan.

Dari sinilah timbul berbagai persepsi tentang orang lain atau adanya ketertarikan interpersonal.  Ketertarikan interpersonal itu sendiri di sebabkan oleh beberapa faktor :

  1. Penampilan fisik. Tidak dapat di pungkiri juga bahwa penampilan fisik adalah faktor terpenting dalam ketertarikan interpersonal ini seperti halnya seorang wanita cantik yang selalu mengharapakan pasangan laki-laki yang tampan.  Meskipun faktor ini di rasa kurang adil namun pada faktanya inilah yang terjadi pada manusia secara alamiah.
  2. Kedekatan. Kedekatan merupakan faktor yang mempengaruhi adanya ketertarikan inter personal itu sendiri. Semakin dekat jarak interpersonal tersebut maka keterikatan interpersonal ini akan semakin kuat, begitu pun sebaliknya. Lalu semakin seseorang lebih mudah mendapatkan informasi di tentang orang yang dia sukai maka akan semakin besar adanya ketertarikan interpersonal,  dan yang terakhir adalah intensitas antar personal dalam berinteraksi satu sama lain.

Dari faktor – faktor yang ada di atas kita dapat menilai bahwa keterikatan interpersonal di pengaruhi oleh jarak, informasi, dan intensitas interaksi. Dalam hal ini internet sebagai sebuah teknologi modern yang berkembang pada abad 20 ini telah memberikan kesempatan besar bagi setiap orang untuk saling berinterksi satu sama lain.

       Penggunaan media sosial seperti facebokk, twitter, skype, my space, blog dll telah mampu membangun interaksi di dalam masyarakat.  Media sosial menjadi salah satu alat yang penting dalam membangun interaksi dan mencari informasi antara personal. Contohnya ketika seorang laki-laki berkenalan dengan wanita di facebook maka faktor utama ketertarikan interpersonal yang di bangun adalah ketertarikan fisik. Lalu setelah laki-laki tersebut merasa mendapatkan wanita yang penampilan fisiknya cocok untuk dia maka laki-laki tersebut akan mencari informasi lebih banyak tentang wanita tersebut lewat facebook.  

 

 

kelompok 2
  1. https://arindiazraningtyas.wordpress.com/  
  2. http://brianpurbaaji.blogspot.com/  
  3. http://gamaevayanti.blogspot.com/  
  4. http://elfahaifa.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s