Internet Bagi Dunia

‘Internet Bagi Dunia’

Di era modern saat ini penguasaan terhadap teknologi penting, mengingat perkembangan zaman mutkhir adanya internet dan pembuatan gadget yang semakin canggih membuat manusia di seluruh dunia bisa bertukar informasi dengan cepat. adanya konsep globalisasi ikut serta dalam proses moderenisasi dunia.

   Amerika sebagai negara pelopor adanya globalisasi mulai melakukan ekspansi budaya, keilmuan, ekonomi, politik dll yang akhirnya di lakukan oleh semua negara, tujuan globalisasi itu sendiri adalah penyebaran ide-ide yang ada dalam internal suatu negara ke luar batas negara itu sendiri.

            Di indonesia sendiri adanya globalisasi  dan teknologi informasi membuat masyarakat indonesia bisa lebih mudah untuk mendapatkan informasi apapun dan mengetahui karakteristik dan keadaan suatu negara. Berbagai macam situs dan blog menyanjikan berbagai informasi dari dalam negeri maupun luar negeri. para akademisi dan pejabat pun tidak  mau ketinggalan. mereka mem-posting berbagai macam hasil tulisan dan penelitian mereka agar bisa di ketahui orang lain. sedangkan para pejabat dan negarawan lainnya menggunakan teknologi informasi untuk melakukan laporan kenegaraan atau kritik terhadap pemerintah, berbagai macam tujuan dan fungsi dari teknologi informasi ini memberikan kontribusi besar bagi kehidupan masyarakat indonesia. Lalu adanya berbagai bagai macam gdged yang beredar di masyarakat indonesia saat ini, memperlihatkan masyarakat indonesia sebagai masyarakat modern, dengan menggunakan gadget-gadget tersebut masyarakat bisa lebih mudah mengakses informasi di manapun dan kapanpun sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi ter-update tentang keadaan masyarakat sekitar.

Kemudian di buatnya cycber space (dunia maya) memberikan kesempatan bagi masyarakat dunia untuk berkomunikasi secara langsung melalui “social networking“dari mulai adanya, yahoo massanger, facebook, twitter, blog, dll. seolah membantu  masyarakat dunia  agar bisa berkominikasi dengan lebih mudah antara satu dan yang lain dengan mudah.

 Kini keberadaan sosial media mempunyai andil besar dalam pembentukan society behaviour(perilaku masyarakat), banyaknya berbagai account resmi yang membahas tentang pendidikan, politik, hukum, humor, dll turut memberi warna-warna menarik dalam kehadiran sosial media ini namun tidak sedikit pula sosial media ini di salah gunakan oleh beberapa kalangan tertentu yang tidak bertanggung jawab seperti mencemarkan nama baik orang lain, melakukan penipuan, pornografi, dll. Hal-hal ini lah yang menjadi alasan sebagian orang untuk tidak menggunakan sosial media,  untuk itu perlu kita sadari bersama betapa pentingnya pengawasan lembaga-lembaga teknologi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan tersebut, karena pada dasarnya sosial media berfungsi sebagai apresiasi masyarakat terhadap keadaan sosial yang terjadi dalam masyarakat. peran ini lah yang di harapkan

mampu menjadikan dunia sebagai “global civil socity” yang bebas dan bertanggung jawab.perkembangan teknologi informasi yang pesat

harus di imbangi oleh kontrol masyarakat untuk menjalankan fungsi teknologi informasi dengan baik.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s