Dampak dari Globalisasi dan Modernisasi Saat Ini

Dampak dari Globalisasi dan Modernisasi Saat Ini

Individu merupakan satuan terkecil dari sebuah  identitas masyarakat. Salah satu ciri masyarakat adalah adanya interaksi yang berkesinambungan. Menurut Aristoteles manusia merupakan zoom politicon, yang artinya manusia merupakan makhluk sosial. Artinya bahwa manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan manusia lain.  Dalam interaksi tersebut terjadilah adanya secara share of idea  and share of information. Ini merupakan dasar terbentuknya peradaban. Seiring dengan perkembangan zaman peradaban yang  ada akan berusaha untuk memperbaharui keadaan mereka dengan sesuatu yang lebih baik. Mereka akan berusaha berinteraksi dengan masyarakat luas untuk mendapatkan informasi tentang cara bermasyarakat yang lebih baik.

Adanya globalisasi dan perkembangan teknologi, membantu masyarakat dunia mendapatkan informasi yang lebih mudah dan cepat. Adanya perkembangan telekomunikasi juga memudahkan individu berinteraksi dengan individu lain menjadi lebih mudah. Inilah yang mempengaruhi bagaimana pergaulan itu ada. Para kaum muda akan mencoba untuk berinteraksi dengan keadaan sekitar dan mereka akan berusaha  untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Contoh: sekolah, keluarga, masyarakat sekitar, dll. Faktor eksternal lainnya seperti televise, internet, dan sosial media membantu mereka dalam membuat cara pandang mereka terhadap dunia. Mereka mempunyai pilihan untuk mengikuti trend/ mode/ tetap pada tradisi lamanya.

Ketika individu memiliki cara pandang dalam pergaulan mereka, mereka akan berusaha menyesuaikan diri dengan perspektif yang ada. Kaum muda saat ini akan lebih memilih pergaulan yang menurut merekalebih terlihat modern. Apa yang kita ketahui saat ini negara-negara barat dan Amerika merupakan salah satu negara yang menjadi kiblat moderenisasi dunia yang ditandai dengan adanya perkembangan fashion, teknologi, budaya, ekonomi, dll. Menjadi perhatian kaum muda saat ini. Adapun dampak-dampak dari moderenisasi terhadap pergaulan kaum muda saat ini. Hal ini mempunyai sisi negative dan positifnya, diantaranya:

 

Sisi positif:

–          Para pemuda akan berusaha  untuk berinovasi dalam perkembangan teknologi.

–          Khasanah keilmuan akan lebih berkembang.

–          Mereka dapat dengan mudah berinteraksi dengan pergaulan internasional.

Sisi negative:

–          Akan terjadinya cyber crime   atau kriminalitas di dunia maya yang marak terjadi di Indonesia saat ini.

–          Terjadinya akulturasi budaya yang mereduksi tradisi asli negara, akibatnya banyak yang menyebabkan terjadinya pemerkosaan, free sex, narkoba, dll.

–          Berkurangnya rasa kebanggaan kepada tradisi asli yang menyebabkan mulai langkanya tradisi asli.

 

 

 

Globalisasi dan moderenisasi akan membantu para kaum muda untuk berfikir  lebih maju. Namun pemuda juga harus membatasi mana yang sesuai dengan norma-norma/ tradisi yang ada di sekitar mereka agar arus globalisasi tidak membawa mereka pada hal-hal yang negative. Untuk itu sebagai penyelenggara, pemerintahan juga harus turut aktif dalam proses moderenisasi ini agar para pemuda di masa depan menjadi pembawa arus moderenisasi dan globalisasi tanpa menghilangkan tradisi asli. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s