Pentingnya Komunikasi Terbuka Antara Orang Tua dan Anak

Pentingnya Komunikasi Terbuka Antara Orang Tua dan Anak

 Ternyata banyak factor yang membuat hubungan kita dan orrang tua enggak harmonis. Apa saja dan gimana bisa terjadi? Simak penjelasan dari kak Frieda Arruan Tonglo SpsiDCM, Med. Seorang anak pada masa kecil, ketika lahir secara teoritis dia mengembangkan yang namanya rasa aman terhadap lingkungan , rasa aman sangat kita butuhkan loh….

 Nah gimana kalau rasa aman itu “Nihil” alias enggak kita dapat? Rasa aman enggak lagi kita dappati, mungkin karena orang tua kita sibuk bekerja, so akibatnya kita-kita akan bertumbuh dengan diri sendiri.

Menurut para pakar pendidikan , antara ideal self dan real self harus seimbang. Jika tidak seimbang hasilya hanya isapan jempol saja yang kita dapati. Secara teoritis usia remaja dikenal penting dalam tahap perkembangan sebagai pencarian identitas. Pada taraf ini sangat mungkin kita menemukan opini­-opini berbeda dengan orang tua memang itu wajar saja kalau kita dengan ortu berbeda, karena sering orang tua kita mendidik kita dengan cara ortu-ortu kita dulu dididik. Cara kaya gitu tidak efektif…….

Pengaruh lingkungan juga berpengaruh banget lho, untuk hubungan antara anak  dengan orang tua. Kalau lingkungan pergaulannya baik, otomatis hubunganya harmonis, tapi kalau si anak di lingkungan yang kurang baik pasti bisa menimbulkan pemberontakan. Ada faktor lain yang turut menentukan, misalnya kecerdasan dan kemampuan anak menyelaraskan antara ideal self dengan real selfnya.

Gimana cara membangun hubungan yang  baik dan harmonis?  Menurut kami hubungan si anak dan orang tua itu harus saling terbuka. Omongan sama hati harus selaras. Orang tua harus memberi guidance, tapi dilarang banget bertindak otoriter. Perhatian orang tua memang dibutuhkan tapi lebih di tekankan dalam diskusi. Harus ada dialog terbuka, anak diberi kebebasan bersosialisasi, tapi tetap harus terkontrol. Membangun hubungan harmonis sebetulnya gak sulit ko. Kita dan orang tua Cuma butuh komunikasi terbuka. Kita dan orang tua harus saling memahami satu sama lain gak boleh sekali-sekali memaksakan kehendak.

 

Sumber: Eureka Kesatuan JHS tahun ke 5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s